Taka Bonerato, Surga Dunia yang Lebih Indah Dari Maldives

Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Maldives. Namanya sudah jadi mimpi setiap traveler yang ingin menimbun kakinya di dalam pasir putihnya yang halus dan hangat, membuka mata dengan pemandangan laut terbuka, atau menikmati keindahan bawah lautnya. Berbagai pesonanya seakan mengajak Ladies untuk mengunjungi destinasi hits untuk pasangan yang baru saja menikah, tapi ada satu hal yang menjadi rintangannya, apalagi kalau bukan bujet. Yup, dana yang dibutuhkan untuk berlibur di Maldives memang nggak sedikit.

Jangan buru-buru mengubur mimpimu, karena Indonesia pun punya Taka Bonerate, atol terbesar ketiga sesudah Maldives. Walau masih kalah ukurannya, tapi soal keindahannya nggak perlu diragukan lagi. Atol sendiri merupakan sebutan untuk karang di laut yang berbentuk melingkar seperti cincin. Dinding karang yang terbentuk ini menciptakan surga bawah laut dengan beragam biota.

Taman Nasional Taka Bonerate memiliki luas lebih dari 530 ribu hektar, di mana 220 ribu hektar di antaranya berupa hamparan atol dan laguna. Berada di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, destinasi wisata ini sudah direkomendasikan ke UNESCO sejak tahun 2005 sebagai situs warisan dunia. Wah, pastinya banyak banget hal seru yang bisa dialkukan saat berlibur ke taman laut ini.

Memiliki 15 pulau, Taman Nasional Taka Bonerate siap menyambut pecinta olahraga bahari untuk sekadar berenang, diving, hingga snorkeling. Beberapa andalan yang dianggap sebagai surganya para penyelam adalah perairan Tinabo kecil, Pulau Tinanja, serta wall reef di Latondu dan Jinato. Jangan lewatkan juga pesona “Sumur Ikan” di Taka Lamungan. Sesuai dengan namanya, lubang di dalam laut ini bakal mempesona siapa saja yang melihat ratusan ikan berenang keluar masuk.

Semakin keren, Taka Bonerate juga menjadi rumah dari 295 jenis ikan karang aneka warna dan berbagai biota lainnya. Mulai dari penyu sisik, penyu lekang, penyu tempayan, hingga penyu hijau. Buat yang ingin menikmati surga bawah laut di Sulawesi Selatan, bisa datang di bulan April sampai Juni atau Oktober hingga Desember. Makin bangga kan dengan alam Indonesia!

Inilah yang akan menjadi perhatian Nurdin Halid dan pasangan. Bukan hanya ingin memajukan kesejahteraan rakyat Sulawesi Selatan, tapi Nurdin Halid juga berniat menjaga dan melestarikan sumber daya alam di dalamnya, termasuk wisata alam seperti Taka Bonerate.

Berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar untuk mengikuti Pilkada 2018, pria kelahiran Watampone ini ingin mewujudkan cita-cita tertinggi untuk memberikan yang terbaik bagi kampung halamannya. Semoga terwujud!

 

Sumber: Vemale.com